Pengaruh E-Commerce terhadap Pola Konsumsi Generasi Z di Perkotaan: Sebuah Literature Review
DOI:
https://doi.org/10.59945/3wcdh111Keywords:
E-Commerce, Generasi Z, Impulsive Buying, Perilaku Konsumtif, Pola KonsumsiAbstract
Perkembangan teknologi digital telah mengubah pola konsumsi masyarakat, khususnya di kalangan Generasi Z yang tumbuh bersamaan dengan kemajuan teknologi informasi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh e-commerce terhadap pola konsumsi Generasi Z di wilayah perkotaan. Metode yang digunakan adalah studi kepustakaan dengan pendekatan kualitatif deskriptif berdasarkan sumber-sumber ilmiah terbaru. Hasil kajian menunjukkan bahwa e-commerce memiliki peran penting dalam membentuk perilaku konsumtif Generasi Z, yang ditandai dengan meningkatnya perilaku impulsive buying, preferensi terhadap kemudahan dan kecepatan, serta pengaruh media sosial dalam proses pengambilan keputusan pembelian. Fitur e-commerce seperti flash sale, rekomendasi personal, serta sistem pembayaran digital turut memperkuat tren konsumtif ini. Di sisi lain, e-commerce juga membuka peluang bagi Generasi Z untuk berperan sebagai pelaku dalam ekosistem ekonomi digital. Oleh karena itu, diperlukan upaya peningkatan literasi finansial dan digital agar Generasi Z dapat menjadi konsumen yang bijak dan produktif di era digital.
References
Asandimitra, N., Paramita, R. S., Kusumaningrum, T. M., Frianto, A., & Indarwati, T. A. (2022). Determinants of Consumptive Behavior of Generation Z. IAR Journal of Business Management, 3(6), 44–50. https://www.iarconsortium.org/article/2123_Determinants_of_Consumptive_Behavior_of_Generation_Z/
Dani, R., Firayanti, Y., & Wulansari, F. (2024). Analisis Penggunaan E-Commerce Shopee terhadap Perilaku Konsumtif pada Generasi Z (Studi Kasus Mahasiswa Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Nadhlatul Ulama Kalimantan Barat). AHSIOMA : Jurnal Sains Ekonomi Dan Edukasi, 1(8), 561–580. https://doi.org/10.62335/556n6q98
Harsono, S., Haripraditya, N. T., & Soleh, M. A. R. (2022). Perilaku Belanja Online dan Niat Beli pada Generasi “Z” di Indonesia. Journal of Business and Banking, 12(1), 143–160. https://doi.org/10.14414/jbb.v12i1.3111
Lestari, D. P. P., Rifana, S. P., & Amira, N. (2024). Pengaruh E-Commerce terhadap Generasi Z dalam Mengembangkan
Digitalisasi UMKM. Jurnal Media Akademik (JMA), 2(12). https://doi.org/10.62281
Luthfie, M. h., & Hayani, N. (2024). Pengaruh Penggunaan E-Commerce Dan Social Media Marketing Terhadap Perilaku Konsumtif Pada Generasi Z Di Kota Pekanbaru. Jurnal Ekonomi Dan Ilmu Sosial (JEIS), 3(1).
Marhumi. (2024). Pengaruh E-Commerce Terhadap Perilaku Impulsive Buying pada Generasi Z di Kota Purwakarta.
Costing: Journal of Economic, Business and Accounting, 7(6), 7234–7246.
Permana, E., Cahyani, D. S., Wijayanti, F., & Syamsurizal. (2024). Analisis Kepuasan Generasi Z Terhadap Layanan E-Commerce. Jurnal Ilmiah Ekonomi, Akuntansi, Dan Pajak, 1(2), 337–355. https://doi.org/10.61132/jieap.v1i2.312
Pohan, M. Z., Nasution, T. A., & Pohan, S. (2024). Gaya Hidup Konsumtif Generasi Z dalam Era Belanja Daring Indonesia ). Jurnal Ilmu Sosial Humaniora Indonesia, 4(2), 237–246.
Putri, K. Z., Zahara, N., & Mulyeni, S. (2025). Pengaruh E-Commerce terhadap Perilaku Konsumtif. MASMAN: Master Manajemen, 3(1), 1–10.
Snyder, H. (2019). Literature review as a research methodology: An overview and guidelines. Journal of Business Research, 104(July), 333–339. https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2019.07.039
Utama, N. F., Santosa, N. S., Honesta, J., Sonbai, J. S. Y., Valeria, L. K., Jonathan, E., Marcia, F. A., & Rahmi, Y. N. (2024). Pengaruh E-Commerce Terhadap Perilaku Impulsive Buying pada Generazi Z. Jurnal Manajemen Dan Pemasaran Digital (JMPD), 2(3), 218–226. https://creativecommons.org/licenses/by/4.0/
Zed, M. (2003). Metode Penelitian Kepustakaan. Yayasan Obor Indonesia.