GLOBALISASI DALAM DINAMIKA KONTEMPORER: STUDI KASUS PERUBAHAN SOSIAL DAN TRANSFORMASI BUDAYA
DOI:
https://doi.org/10.59945/emnmbp86Keywords:
Perubahan Sosial, Transformasi Budaya, Globalisasi, Identitas Budaya, Dinamika Kontemporer, Pengaruh Budaya Populer, Masyarakat GlobalAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki peran perubahan sosial dalam transformasi budaya dalam konteks globalisasi yang berkembang pesat di era kontemporer. Melalui studi kasus mendalam tentang dampak globalisasi pada masyarakat dan budaya di berbagai negara, penelitian ini mencoba mengurai kompleksitas perubahan sosial yang terjadi. Metode penelitian mencakup analisis literatur, wawancara dengan pakar budaya, dan observasi langsung terhadap perubahan budaya yang terjadi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa globalisasi telah menjadi faktor utama dalam merangsang perubahan sosial dan transformasi budaya di seluruh dunia. Hal ini tercermin dalam perubahan dalam norma sosial, nilai-nilai, citra diri masyarakat, serta konsep identitas budaya. Fenomena seperti pengaruh budaya populer global, migrasi massal, teknologi informasi, dan perdagangan internasional telah meresapi budaya lokal dengan pengaruh yang signifikan. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa globalisasi telah memicu perubahan sosial yang signifikan dalam masyarakat, yang pada gilirannya mempengaruhi budaya mereka. Hal ini menggambarkan dinamika yang kompleks antara globalisasi dan identitas budaya lokal. Meskipun ada ancaman homogenisasi budaya, ada juga upaya untuk mempertahankan warisan budaya lokal. Penelitian ini memberikan wawasan penting tentang cara globalisasi memengaruhi perubahan sosial dan transformasi budaya di berbagai konteks dan merupakan kontribusi penting dalam memahami tantangan budaya yang dihadapi masyarakat kontemporer.
References
Abdumajidova, K. (2021). Globalization and modernization as an important feature of the development of modern
society. Theoretical & Applied Science(4), 75-78.
Arianto, B. (2021). Pandemi Covid-19 dan transformasi budaya digital di Indonesia. Titian: Jurnal Ilmu Humaniora,
(2), 233–250-233–250.
Behera, N. C. (2021). Globalization, deglobalization and knowledge production. International Affairs, 97(5), 1579-
Eilert, M., & Nappier Cherup, A. (2020). The activist company: Examining a company’s pursuit of societal change
through corporate activism using an institutional theoretical lens. Journal of Public Policy & Marketing,
(4), 461-476.
Ergashev, I., & Farxodjonova, N. (2020). Integration of national culture in the process of globalization. Journal of
Critical Reviews, 7(2), 477.
Febriana, R. H. F. R. H. (2023). Perubahan Struktur Sosial Masyarakat sebagai Akibat dari Konflik Agraria di
Sumatera Timur Tahun 1946. Seuneubok Lada: Jurnal ilmu-ilmu Sejarah, Sosial, Budaya dan Kependidikan,
(1), 14-21.
Firdaus, A. (2023). Keberhasilan Diplomasi Publik Jepang Melalui Budaya Populer: Tantangan Terhadap Identitas
Nasional Generasi Muda Indonesia. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 1(2).
Fithratullah, M. (2019). Globalization and Culture Hybridity; The Commodification on Korean Music and its
Successful World Expansion. Digital Press Social Sciences and Humanities, 2, 00013.
Flew, T. (2020). Globalization, neo-globalization and post-globalization: The challenge of populism and the return of
the national. Global Media and Communication, 16(1), 19-39.
Hatuwe, R. S. M., Tuasalamony, K., Susiati, S., Masniati, A., & Yusuf, S. (2021). Modernisasi terhadap perubahan
sosial masyarakat desa namlea kabupaten buru. Nusantara: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 8(1), 84-96.
Hidayat, N. (2020). Fenomena migrasi dan urban bias di Indonesia. Jurnal geografi, 12(1), 22-31.
Latifah, L., Zwagery, R. V., Safithry, E. A., & Ngalimun, N. (2023). Konsep Dasar Pengembangan Kreativitas Anak
Dan Remaja Serta Pengukurannya Dalam Psikologi Perkembangan. EduCurio: Education Curiosity, 1(2),
-439.
Maturbongs, Y. H. (2023). Teknologi Digital dalam Perspektif Keutuhan Ciptaan. TarFomedia, 4(1), 9-16.
Muzzaki, A. D., Fatoni, A., & Faristiana, A. R. (2023). Perubahan Sosial Kultural Masyarakat Pedesaan (Suatu
Tinjauan Teoritik-Empirik). Dewantara: Jurnal Pendidikan Sosial Humaniora, 2(3), 01-17.
Nederveen Pieterse, J. (2020). Global Culture, 1990, 2020. Theory, Culture & Society, 37(7-8), 233-240.
Rahayu, E. L. B., & Syam, N. (2021). Digitalisasi Aktivitas Jual Beli di Masyarakat: Perspektif Teori Perubahan
Sosial. Ganaya: Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, 4(2), 672-685.
Saraswati, L., & Manalu, A. G. B. (2023). Rekognisi Keragaman Budaya dan Multikulturalisme Bhineka Tunggal Ika.
Krtha Bhayangkara, 17(2), 273-296.
Strizhakova, Y., & Coulter, R. (2019). Consumer cultural identity: local and global cultural identities and
measurement implications. International Marketing Review, 36(5), 610-627.
van Klyton, A., Tavera-Mesías, J. F., & Castaño-Muñoz, W. (